Sabtu, 01 Mei 2010

Analisis laporan keuangan

A. PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.
Menurut Munawir ( 2002 : 5), laporan keuangan adalah pelaporan dari peristiwa-peristiwa keuangan perusahaan.
Sedangkan menurut John J. Wild ( 2005 : 17), laporan leuangan adalah informasi tentang rencana bisnis perusahaan, analisis lingkngan bisnis, dan strategi perusahaan.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan adalah laporan yang memuat hasil-hasil perhitungan proses akuntansi yang menunjukkan kinerja keuangan suatu perusahaan.

B. FUNGSI LAPORAN KEUANGAN
Adapun fungsi laporan keuangan , antara lain :
1. Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan ( aktiva, kewajiban, dan ekuitas )
2. Menyediakan informasi mengenai kinerja serta perubahan mengenai posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pemakai infornasi akuntansi dalam pengambilan keputusan.

Sedangkan analisa laporan keuangan berfungsi sebagai :
1. Sebagai alat saringan ( screening ) awal dalam memikih alternatif untuk berinvestasi.
2. Sebagai alat prediksi ( forecasting0 mengenai kondisi dan kinerja keuangan di masa yang akan datang.
3. Sebagai proses diagnosis terhadap masakah-masalah manajemen, operasional atau masalah lainnya ( alat evaluasi manajemen ).
Oleh : Tri Amalia (7350406516)
C. UNSUR LAPORAN KEUANGAN
a. Pengukuran posisi keuangan
Unsur laporan keuangan yang berkaitan langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah :
1. Harta / Aset


Harta adalah manfaat ekonomis di mas adatang yang mungkin diperoleh atau dikendalikan oleh suatu entitas tetentu sebagai satu akibat dari transaksi atau peristiwa mas lalu. Ada tiga karakteristik penting yang dijelaskan dalam definisi tersebut.
• Satu harta memiliki manfaat ekonomis di masa yang akan datang yang membentuk arus kas positif.
• Satu entitas dapat memperoleh manfaat ekonomis di masa datang dari penggunaan harta dan dapat mengendalikan entitas lain yang menggunakan manfaat tersebut.
Contoh : satu jalan negara dibangun di depan pabrik suatu perusahaan, tentunya memberiakn kemungkinan manfaat bagi perusahaan. namun jalan tersebut bukanlah harta perusahaan sebab entitas lain dapat dengan bebas menggumnakan manfaat jalan tersebut. Beda haknuya denagn pembangunan jalan masuk ke dalam areal pabrik yang dibangun oleh perusahaan adalah harta perusahaan.
• Transaksi yang menimbilakn manfaat ekonomi di masa datang telah terjadi, artinya manfaat ekonomi masa datang tidak bergantung pada transaksi atau peristiwa si masa datang.

2. Hutang / kewajiban
Hutang adalah pengorbanan yang mungkin terjadi di masa datang dari manfaat ekonomi yang timbul dari kewajiban sekarang satu entitas untuk menyerahkan harat atau jasa kepada entitas lain di masa datang sebagai akibat dari transaksi atau peristiwa di masa datang. Ada tiga karakteristik hutang yang terlihat dalam definisi tersebut.
• Satu hutang mewajibkan satu perusahaan menyerahkan kas atau harta lainnya atau jasa pada masa yang akan datang.
Contoh : hutang deviden dalam bentuk kas adalah hutang sebab pengumuman satu deviden tunai mewajibkan perusahaan untuk menyerahkan kas kepada pemegang saham pada saat tanggal pembayaran jatuh tempo. Pembagian deviden dalam bentuk saham, pada saat pengumumannnya tidak menimbulkan adanya hutang sebab kewajiban perusahaan adalah membagi-bagikan saham yang dimiliki perusahaan, sebagai ganti kas atau harta lain atau jasa kepada pemegang saham.
• Kewajiban untuk menyerahkan harta atau jasa harus nyata pada satu entitas tertentu.
Contoh : perusahaan A menjamin untuk membayar sebuah wesel yang dikeluarkan ploeh perusahaan B jika terjadi peristiwa perusahaan B tidak mampu melunasi pada saat jatuh tempo. Perusahaan A tidak terbebani satu hutang sebagai akibat dari jaminan tersebut. Kewajiban perusahaan sebagai penjamin akan menjadi hutang hanya jika perusahaan B gagal untuk membayar wesel tersebut.
• Transaksi atau peristiwa yang mewajibkan satu entuitas menyerahkan harta atau jasa harus tekah benar terjadi.
b. Ekuitas
Ekuitas atau harta bersih adalah hak residu dari perusahaan setelah kewajibannya telah dikurangi. Eluitas merupakan hak residu karena ekuitas tidak dapat diukur secara bebas dari pengaruh harta dan utang. Hubungan antara harta, hutang, dan ekuitas dalmpersamaan akuntansi adalah :
Harta = Hutang =+ Ekuitas
Ekuitas = Harta – hutang
Ekuitas terkadang disebut juga sebagai ekuitas pemegang saham ( stockholder’s equity ) atau ekuitas pemilik (owner’s equity) . investasi oleh para pemilik dan pendistribusian modal kepada pemilik disebut sebagai transaksi ekuitas atau transaksi modal. Suatu transaksi penjualan saham milik perusahaan merupakan investasi oleh pemilik. Deviden tunai yang diumumkan dan dibayar oleh satu perusahaan kepada pemegang saham bisa disebut sebagai pendistribusian kepada pemilk. Keduanya, pengeluaran saham dan pembayaran deviden disebut transaksi ekuitas.

c. Pengukuran kinerja keuangan
sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja keuangan dalam laporan laba rugi adalah :
1. Pendapatan
Pendapatan adalah arus kas masuk harta atua penyelesaian hutang, atua keduanya, selam satu periode sebagai akibat dari penyerahan atau produksi barang, pemberianb jasa, atau aktivitas yang mendatangkan keuntungan lainnya yang merupakan operasi utama satu entitas. Ada dua karakteristik penting pendapatan, yaitu pendapatan :
- Timbul dari aktiuvitas yang mendatangkan keuntungan utama.
- Sifatnya, terjadi berulang-ulang atau berkelanjutan.
Contoh : penjualan secara grosiran oleh satu supermarket tiap tahunnya menghasilkan pendapatan, sementara penkualan tanha milik satui supermarket yang dekat dengan gudang bukanlah sebagai pendapatan melainkan menghasilkan keuntunagn atau kerugian. Keunyungan dan kerugian akan didefinisikan dan dibedakan dengan pendapatan dan beban berikutnya.
2. Beban
Beban adalah arus keluar harta atau timbulnya hutang, ayau keduamya, selama periode akuntansi sebagai akibat dari penyerahan atau produksi barabg, pemberian jasa, atua aktivitas yang mendatangkan keuntungan lainnya yang merupakan operasi utama satu entitas. Karakteristik utama beban adalah terjadi di dalam proses pembentukan pendapatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar